Posted by: Yudi Yudistira | 20 July 2011

Ramadhan akan segera tiba


Ucapan Selamat Ramadhan

Ucapan Selamat Ramadhan

Ramadhan akan segera tiba, sungguh ini adalah kebahagiaan bagi kita kaum mukmin. Bagaimana tidak, karena pada bulan tersebut semua amal kebaikan dilipatgandakan,  pintu-pintu ampunan dan rahmat terbuka lebar  bagi siapa saja yang meraihnya dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang ikhlas. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan hikmah, diantaranya :

  1. Sebagai momentum kembalinya manusia kepada fitrahnya yang suci, yakni manusia yang bersih dari dosa, karena mengingat pada bulan ini terbuka lebar ampunan bagi siapa yang memintanya.
  2. Nilai tambah ibadah selama bulan ramadhan, karena bulan ini disebut sebagai bulan berlapang-lapang (Syahrul muwassah). Artinya kita punya kesempatan yang sangat luas untuk mengumpulkan kebaikan sebanyak-banyaknya, karena tidurnya orang berpuasa pun akan bernilai pahala, kalau dilakukan demi menjaga pandangan misalnya.
  3. Di dalam bulan ramadhan ada satu malam yang lebih utama dari seribu bulan , yakni malam “Lailatul Qadr”, keutamaannya adalah bagi siapa saja yang beribadah kepada Allah sampai datangnya fajr. “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Qs. Al-Qadr : 1-5)
  4. 4.       Bulan diturunkannya Alqur’an. Sebagaimana firman Allah dalam surat Adh-dhukhan : 3 “Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.”
  5. Menjadi manusia yang bertaqwa, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah : 183.

Kalau lihat point 1 sampai 5, cukup banyak bukan hikmah yang bisa kita dapatkan ? Tapi ingat, hikmah-hikmah ramadhan hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang mengisi bulan ramadhan dengan banyak aktifitas ibadah, diantaranya :

  1. 1.       Puasa ramadhan, sebagaimana dalam firman Allah Qs. Al-Baqarah : 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”
  2. 2.       Salat Tarawih, Rosulullah Saw bersabda “Barang siapa yang menunaikan shalat pada bulan ramadhan (shalat tarawih) dengan penuh keimanan dan mengharap (pahala dari Allah) maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni” (HR. Bukhari)  
  3. Zakat Fitrah, Rasulullah saw. telah memfardhukan (mewajibkan) zakat fitrah satu sha’ tamar atau satu sha’ gandum atas hamba sahaya, orang merdeka, baik laki-laki maupun perempuan, baik kecil maupun tua dari kalangan kaum Muslimin; dan beliau menyuruh agar dikeluarkan sebelum masyarakat pergi ke tempat shalat ‘Idul Fitri.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)
  4. 4.       Sahur dan mengakhirkannya,  Rosulullah Saw bersabda “Makan sahurlah engkau karena makan sahur itu berkah” (HR. Bukhari Muslim)
  5. 5.       Menyegerakan berbuka puasa,  Rosulullah Saw Bersabda “Manusia tetap dalam kebaikan selagi menyegerakan berbuka (HR. Muttafaq ‘alaih)”
  6. Memperbanyak doa ditengah puasa, Sesungguhnya doa orang yang puasa pada saat berbuka tidak tertolak (HR. Hakim, Thabrani, Baihaqi)”
  7. Menghindari hal-hal yang sia-sia, Rosulullah Saw bersabda, “Puasa bukan hanya sekedar menahan makan dan minum, sesungguhnya puasa itu menahan diri dari hal-hal yang sia-sia dan keji (HR. Hakim dan dia menshahihkan sesuai syarat Muslim)”
  8. Memperbaiki amal dan tadarus Alquran, Rosulullah Saw Bersabda, “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan kedermawanannya memuncak pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya dan Jibril menemuinya setiap malam untuk tadarus Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah SAW lebih murah hati melakukan kebaikan daripada angin yang bertiup (HR. Bukhari)”
  9. Bersungguh-sungguh dalam 10 hari terakhir, Dari Aisyah RA berkata : “Rasulullah SAW jika telah masuk sepuluh terakhir bulan Ramadhan menghidupkan malam, membangunkan keluarganya dan mengencangkan ikat pinggang (Muttafaq ‘alaih)”

Demikian sedikit paparan dari amalan-amalan di bulan ramadhan yang sebenarnya masih banyak sekali, namun insyaAllah jika kita amalkan dengan penuh keikhlasan dan sungguh-sungguh, kita bisa menjadi manusia yang beruntung dan menjadi manusia yang kembali ke fitrah yang suci.


Responses

  1. Hallo, permisi ya.
    Untuk kamu yang suka memakai softlens import tapi dengan harga yang sangat murah kamu bisa dapatkan dengan kunjungi aku SOFTLENS
    Melayani retail, reseller, dropship, dan cod juga🙂

    Atau klik disini SOFTLENS

    Terimakasih🙂

  2. ya terima kasih atas informasinya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: