Posted by: Yudi Yudistira | 6 July 2011

Pengenalan Blog, CMS, WordPress dan Joomla


Pengenalan Blog, CMS, WordPress dan Joomla

 

v  Pengenalan Blog

v  Pengenalan WordPress

v  Content Management System (CMS)

v  Pengenalan Joomla

 

Pengenalan Blog

 

“A blog (web log) is a website where entries are written in chronological order and displayed in reverse chronological order. “Blog” can also be used as a verb, meaning to maintain or add content to a blog.” (Wikipedia)

 

Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

 

Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com (http://www.blogger.com), yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.

 

 

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

 

Karena semakin banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas kumpulan blogger.

 

Jenis-jenis blog :

§  Blog Politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye).

Contoh : http://pemilu2004.goblogmedia.com

 

§  Personal Blog : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.

Contoh : http://enda.goblogmedia.com, http://didats.net.

 

 

§  Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.

Contoh : http://beasiswaindonesia.blogspot.com

 

§  Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.

Contoh : http://www.blogdokter.net, http://mediacare.blogspot.com

 

§  Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).

Contoh : http://nanangsuryadi.blogspot.com

 

§  Blog perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

Contoh : http://www.travelblog.org/Bloggers/GUNAWAN/

 

§  Blog riset : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

Contoh : http://risetduniaislam.wordpress.com

 

§  Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

Contoh : http://jurnalhukum.blogspot.com

 

§  Blog media : Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.

Contoh : http://blog.tempointeraktif.com

§  Blog agama : Membahas tentang agama.

Contoh : http://blog.muslimblog.net

 

 

§  Blog organisasi : Blog yang mewakili organisasi atau institusi tertentu.

Contoh : http://fti.bl.ac.id, http://www.bl.ac.id

 

Nge-blog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel.

 

Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Karena blog sekarang sudah menjadi tren, maka blog memiliki empat kategori:

 

§  Personal Blogger : Orang yang menulis tentang buku harian atau yang berhubungan tentang dirinya.

 

§  Business Blogger : Orang yang mempromosikan tentang produk atau layanan sebuah website

 

§  Organizational Blogger : Orang yang fokus pada persoalan sebuah komunitas

 

§  Professional Blogger : Orang yang dibayar untuk nge-blog.

 

 

Pengenalan WordPress

 

WordPress sebenarnya merupakan sebuah sistem publikasi blog yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. WordPress dikembangkan pertama kali oleh Michel Valdrighi.

 

Dibanding aplikasi blog yang lainnya, wordpress relatif lebih unggul. WordPress mempunyai fitur-fitur yang lengkap, struktur sistem yang baik, dan juga didukung dengan dokumentasi dan komunitas yang lengkap. Berikut ini beberapa fitur utama dari WordPress :

§  Dukungan kategori dan sub kategori posting yang tak terbatas.

§  Sindikasi otomatis dengan RSS dan Atom.

§  Menggunakan interface XML RPC yang memungkinkan posting dari mana saja, termasuk dari email.

§  Kemudahan penambahan plugin dan themes (tampilan).

§  Kemudahan mengimport data dari sistem blog lainnya, seperti MovableType, Blogger, TextPattern, dan b2evolution.

§  Kemudahan posting dengan dukungan WYSIWYG editor.

§  Kemudahan administrasi dan maintenance.

§  Fasilitas pencarian yang komprehensif

§  Dukungan berbagai bahasa.

§  Dukungan dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang cukup banyak.

§  Lisensi GNU General Public License sehingga dapat didownload secara bebas.

§  Content Based Management System.

 

 

WordPress dapat didownload secara gratis di situs resminya yang beralamat di http://www.wordpress.org.

 

Dengan kemudahan penambahan plugin tambahan pada WordPress, maka dimungkinkan wordpress tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi blog publishing system, namun lebih dari itu, WordPress dapat dikembangkan menjadi suatu framework yang berguna untuk keperluan lain.

 

 

Content Management System (CMS)

 

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Content Management System (CMS) adalah suatu sistem yang dapat mengelola seluruh isi dan tampilan suatu website. Untuk mengerti secara lebih mendalam mengenai CMS, perlu diketahui :

 

a)   Pengertian dari Content atau Isi

b)   Maksud dari kata management, dan

c)   Apa yang dimaksud dengan Sistem

 

Apa itu Content ?

Content secara esensi adalah setiap jenis informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman. Dapat berupa teks, gambar, animasi, suara dan lain-lain. Atau dengan kata lain semua hal yang akan diperlihatkan ke publik melalui internet, intranet atau extranet.

 

Apa itu Content Management ?

Content Management atau pengelolaan isi suatu website adalah penggabungan aturan, proses dan alur kerja oleh webmaster atau sistem terdistribusi, sehingga pemilik atau penyumbang isi dapat membuat, mengubah serta mem-publish seluruh isi halaman sesuai dengan aturan system.

 

Apa itu Content Management System ?

Sistem itu sendiri dijelaskan sebagai suatu alat atau gabungan dari alat yang efisien, efektif dan memudahkan pembuatan halaman web menggunakan sistem pengelolaan isi website.

 

Kesimpulannya dapat dikatakan bahwa CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarkan kemampuan nonteknis kepada anggota tim untuk membuat, mengubah, mengelola dan mem-publish sejumlah isi website seperti teks, gambar, animasi, suara dan lain-lain dengan aturan, proses dan alur kerja yang sudah baku sehingga website dapat terlihat sesuai keinginan.

Mengapa Kita Membutuhkan CMS ?

Teknologi dan metode lama untuk membangun halaman web tidak hanya menghabiskan banyak waktu tetapi juga tidak efisien dan biaya yang besar. Contohnnya, mengubah kata pada halaman web dengan metode lama harus dilakukan oleh seseorang yang mengerti HTML. Proses ini bukan hanya menghambat seluruh pembuatan informasi dan isi oleh webmaster tapi juga tidak efektif karena banyak waktu terbuang.

 

Keinginan untuk meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks ke dalam proses web publishing telah mengubah situasi ini ke suatu kesimpulan bahwa tim pengelola website tidak lagi dapat menampung permintaan yang terus meningkat.

 

Situasi ini tidak berbeda jauh dengan keadaan di tahun 60-an ketika kita masih menggunakan mesin ketik untuk membuat dokumen. Kenyataannya setelah itu menyebabkan dibuatnya sistem pengolah kata. Dengan situasi yang sama, akhirnya banyak yang menyadari keuntungan menggunakan sistem CMS. Perusahaan yang tidak memilih untuk mempelajari teknologi baru ini akan ketinggalan, sama seperti dulu ketika banyak yang enggan mempelajari sistem pengolah kata dibanding menggunakan mesin ketik manual. Websitenya akan menjadi terhambat, ketinggalan berita dan jarang ter-update. Efeknya terlihat ketika pengujung tidak lagi mau mengakses website yang informasinya itu-itu saja.

 

Keuntungan Menggunakan CMS

Dengan CMS, informasi yang ditampilkan secara online tetap up-todate, konsisten dan mempunyai nilai informasi terkini. Seperti berbagai situs berita di internet, informasi dikirim dari detik-ke-detik dan pengunjung dapat melihat berita paling baru yang jauh lebih fresh dibanding koran yang terbit pada hari yang sama. Efeknya dapat terasa saat meningkatnya kepercayaan dan kepuasan pengujung dengan memberikan informasi yang konsisten dan benar, juga meningkatnya nilai persepsi positif terhadap informasi yang tersedia.

Beberapa keuntungan lain seperti di bawah ini :

1.   Menambah berita atau artikel dapat dilakukan dari mana saja oleh member atau user yang diberi hak untuk mem-posting berita.

2.   Webmaster dapat lebih konsen pada sisi teknologi nya saja, sedangkan konten atau isi dapat diberikan wewenang nya kepada user tertentu.

3.   Dengan CMS artikel dan berita dapat diatur berdasarkan criteria tertentu, masing-masing pemilik berita bertanggung jawab dengan informasi yang mereka kirim ke website

4.   Pemilik website memegang kendali penuh terhadap isi dan tampilan website

5.   CMS didesain untuk pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis pemrograman

Masa Depan CMS

Konsep Content Management System akan semakin banyak digunakan. Publikasi suatu artikel akan semakin cepat karena sifatnya yang dinamis. Makin banyak CMS yang bersifat Open Source membuatnya semakin popular. Beberapa CMS bahkan mempunyai varian yang semakin lama semakin diffrensiasi, cenderung mengarah ke simplikasi pengelolaan yang semakin membaik.

 

Tidak sedikit CMS yang bersifat komersial. Tentunya hal ini akan semakin menguatkan posisi CMS yang juga bermain di sisi enterprise, sebagai engine website-website kelas berat. Di masa depan harga CMS komersial akan semakin murah dan terstandarisasi.

 

Semakin lama CMS akan semakin konsisten, professional dan jenisnya akan semakin banyak dan lebih spesifik seperti hypermedia, penanganan dokumen elektronik, software engineering, marketing dan desain bisnis proses.

 

Pengenalan Joomla

 

Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System = CMS) yang paling powerfull dan telah digunakan di seluruh dunia untuk keperluan website dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo sangat mudah untuk di instal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi sesuai dengan slogannya ‘Power in simplicity

 

Penghargaan dunia terhadap mambo seperti ‘Best Free Software Project of the Year’ oleh Linux Format Magazine 2004, ‘Best Linux or Open Source Software’ pada ‘LinuxUser & Developer Award 2004’ di London, Inggris serta Penghargaan ‘Best of Show – Total Industry Solution’ dan predikat ‘ Best Open Source Solution’ pada konferensi Linux Dunia di Boston 2005 membuktikan Mambo sebagai CMS terbaik saat ini.

 

Joomla! sendiri adalah sebuah nama baru yang diberikan oleh ‘Developer Inti Mambo hingga Agustus 2005’ yang hengkang dari Mambo. Joomla! mulai launching dengan versi 1.0.0 yang merupakan ‘cloning’ atau ‘nama alias’ dari Mambo 4.5.2.33. Mana yg lebih canggih? Berdasarkan fakta seharusnya belum bisa disimpulkan, baru sebatas prediksi dari melihat kemampuan developer yg terlibat. Sedangkan versi 1.1.0 Joomla! sendiri yang direncanakan launching akhir tahun 2005/awal tahun 2006 merupakan hasil karya dari ‘Para developer Mambo versi 4.5.3’. Semua addons (template, modul, komponen, mambots dan paket bahasa) yang di desain untuk Mambo 4.5.2 dijamin tetap jalan di Joomla! 1.1. Joomla! versi 1.0 dapat mengunakan databases Mambo 4.5.2.

 

Kehebatan Mambo dan Joomla sendiri sudah dibuktikan oleh beberapa website terkemuka kelas dunia. Tercatat, beberapa perusahaan terkemuka di luar negeri sudah mempercayai Mambo/Joomla sebagai mesin pengelola isi dari website resmi mereka. Beberapa di antaranya adalah Porsche Brazil (http://www.porsche.com.br), sebuah perusahan otomotif yang terkenal dengan produksi mobil-mobil High Class nya, Mitsubishi Motor (http://www.mitsubishi-motors.com.ve/news/), PC Praxis (http://www.pcpraxis.de) salah satu Top 5 majalah Komputer terbesar di Jerman dan banyak lagi.

 

 

Di Indonesia, hal yang sama juga terjadi. Kepercayaan dan semangat untuk mempergunakan Mambo/Joomla pun terus berkembang pesat seiring dengan semakin besarnya tingkat antusias penggunanya di negeri ini. Banyak sekali website-website yang telah menggunakan Mambo/Joomla, mulai dari website pribadi, komunitas, Online Magazine/News, coorporate sampai kepada E-government dengan semangat ‘Indonesia Goes to Open Source’ nya. Contoh website yang menggunakan Joomla di antaranya OkeZone.Com (http://www.okezone.com) yang merupakan layanan news and information online pesaing detik.com, http://rachdian.com, Departemen Pendidikan Nasional (http://www.depdiknas.go.id).

 

 


Responses

  1. Artikelnya keren, Salam Kenal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: