Posted by: Yudi Yudistira | 27 June 2011

Man Jadda wa Jada


 Man Jadda wa Jada, Barang siapa  yang bersunguh-sungguh maka dia akan mendapatkan apa yang dia sungguhi. Jika dalam belajar dia bersungguh-sungguh, dia akan mendapatkan hasilnya. bahkan dalam hal apapun, jika dia bersunggug-sungguh mengejarnya, dia akan mendapatkannya.

Namun kita sebagai umat Muhammad, hendaknya fasilitas ini digunakan untuk bersungguh-sungguh dalam hal kebaikan. Bersungguh-sungguhlah meraih keridhaan Allah, bersungguh-sungguhlah dalam mengamalkan Islam, Bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu dan bersungguh-sungguhlah dalam berbuat demi mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Orang yang bersungguh-sungguh dalam berbuat, akan mendapatkan hasil yang baik daripada orang yang hidupnya penuh dengan kemalasan dalam mengoptimalkan dirinya.

Kita bisa lihat kebenaran hadits ini dari kenyataan yang ada, berapa banyak orang yang miskin, kemudian beranjak menjadi orang yang kaya. Persoalannya sangat sederhana, dia benar-benar mensungguhi pekerjaannya, tanpa henti berpikir untuk terus meningkatkan kualitas pribadinya.

Inilah yang diharapkan oleh kita, seseorang yang bersungguh-sungguh dalam berbuat baik, sehingga kita semua bisa merasakan manfaat yang ditimbulkan dari sikap semacam ini.


Responses

  1. ya betul setuju, seprti sabda Nabi kita: “Bersemangatlah dalam menggapai apa yang bermanfaat untukmu dan mohonlah pertolongan Allah serta janganlah kamu merasa lemah..(HR. Muslim)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: